Strategi Marketing Bagi Pemula Yang Layak Dicoba

Menjual barang atau yang dikenal dengan istilah marketing memang merupakan bidang yang menantang. Kita harus bisa menjual produk dalam kuantitas tertentu serta sesuai dengan batas waktu yang diberikan. Termasuk dalam keahlian marketing adalah promosi, komunikasi hingga persuasi. Semua ini dibutuhkan agar kita dapat mencapai target yang diharuskan. Strategi marketing bagi pemula juga sangat diperlukan. Ini karena pada tahap pemula, kita masih belum memiliki cukup pengalaman dalam menjual produk. Strategi marketing untuk pemula juga dibutuhkan agar kita bisa menyusun strategi sendiri ke depannya agar angka penjualan dapat semakin meningkat. Berikut strategi marketing bagi pemula yang mungkin layak untuk anda coba :


Gencar Promosi Sebagai Salah Satu Strategi Marketing

Agar produk terjual habis atau memenuhi target, tentu sebelumnya kita harus mempromosikannya terlebih dahulu. Promosi ini bertujuan agar ada semakin banyak orang yang tahu akan produk yang kita pasarkan. Promosi tidak sekedar dengan mengiklankan produk pada sebanyak-banyaknya orang, namun pada orang-orang tertentu yang sesuai dengan segmen pasar produk yang dijual. Misalnya, apabila kita memiliki usaha jilbab handmade, tentu kita harus mempromosikannya pada komunitas muslimah karena merekalah yang menjadi target konsumen. Strategi marketing bagi pemula dimulai dari promosi yang tepat sasaran agar angka penjualan dapat meningkat. Promosi dapat dilakukan dengan semakin mudah seiring canggihnya teknologi. Kita bisa memanfaatkan media sosial, group chat dan lain sebagainya.

Termasuk dalam promosi sebagai strategi marketing bagi pemula adalah bahasa yang persuasif atau mengajak orang untuk turut menggunakan produk. Kita bisa menjelaskan keunggulan produk yang dipasarkan dan menggunakan kalimat-kalimat ajakan positif. Promosi juga dapat termasuk pemberian diskon atau potongan harga pada pembelian pertama atau saat membeli dalam jumlah besar. Cara ini akan dapat mengundang lebih banyak pembeli terutama membangkitkan rasa tertarik, karena pada umumnya semua orang suka untuk membeli barang yang harganya lebih murah. Pemilihan tempat berjualan juga dapat menjadi bagian dari strategi marketing. Pilih tempa yang strategis, banyak dilalui orang terutama oleh mereka yang menjadi target konsumen kita.

Layanan Purnajual

Memberikan layanan purnajual termasuk dalam strategi marketing bagi pemula. Layanan purnajual ini dapat merupakan garansi dan lain-lain. Layanan purnajual akan menunjukkan bahwa kita sebagai penjual memperhatikan kepuasan pelanggan dengan serius. Dengan adanya layanan purnajual, pembeli akan merasa lebih puas dan dihargai. Bukan tidak mungkin hal ini akan turut mendongkrak penjualan karena pembeli akan melakukan repeat order. Pelayanan yang memuaskan, termasuk fast respon dalam menghadapi pertanyaan pembeli dan memberikan jawaban secara ramah, juga termasuk dalam strategi marketing. Demikian adalah beberapa strategi marketing yang bisa kita terapkan untuk mendapat pembeli dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat terutama untuk kita yang berkecimpung dalam dunia marketing. 

5 tips yang bisa kita jadikan panduan sebagai marketing pemula :

Menjadi pribadi yang kreatif dan inisiatif.

Jadilah seseorang yang lebih kreatif demi perusahaan, anda harus bisa mendapatkan target yang lebih baik dari yang ditargetkan oleh perusahaan. Pentingnya motivasi bagi diri kita, akan meningkatkan hasil kerja keras kita juga.

Membuat jadwal kegiatan untuk keseharian anda sebagai marketing.

Dengan membuat jadwal kegiatan kita sendiri, maka kita akan memiliki alur kerja yang lebih yang teratur dan sistematis.

Memahami dan mengenali diri sendiri.

Mengenal dan memahami diri sendiri untuk melihat apa yang cocok bagi diri. Setelah kita menentukan hal yang cocok pada diri kita katu harus mendapatkan gambaran apa saja tentang apa yang akan kita raih dalam jangka waktu panjang dan pendek untuk masa depan kita sebagai marketing. 

Kenali siapa saja calon konsumen anda.

Tentu saja kita tidak boleh sembarang menganggap semua calon konsumen atau pembeli itu sifatnya sama semua. Kita harus memahami betul bagaimana saja ciri ciri dari calon konsumen tersebut untuk mendapatkan hatinya demi terjadinya trasaksi.

Bertingkah laku yang baik ketika bertemu konsumen.

Kita sebagai marketing harus selalu terlihat baik dari sisi manapun. Mulai dari penampilan, gaya berbicara yang sopan, dan juga tentunya untuk menolong calon konsumen dalam membeli produk kita.

Unsur unsur strategi marketing yang perlu diperhatikan :

Unsur Penentuan Pasar

Dalam menentukan strategi penentuan pasar, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang ada dalam pasar tersebut. Makna pasar itu sendiri begitu luas jadi kita harus menentukan bagian bagian tertentunya. Yaitu pertama menentukan pasar mana yang akan kita layani agar kita dapat fokus pada tujuan pasar kita. Jangan terpaku pada banyak bagian pasar, karna hal ini memembuat kita terlambat untuk maju, karna terlalu banyak tugas yang harus kita kerjakan.

Unsur Perencanaan Produk

Sebelum menciptakan produk yang siap untuk dipasarkan, kita perlu menyunsun strategi untuk mencapai target pasar seperti menentukan volume produk, kemasan produk, dan juga iklan produk. Semua aspek yang kita targetkan harus disiapkan secara metang sebelum dipasarkan, contoh saja kemasan saus sambal sachetan atau menggunakan pembukus plastik kecil dengan harga Rp 1000 an saja kenapa tidak pada saus botol saja dengan harga Rp10.000 ? lalu saat mempromosikan produk pada iklan kita menggunakan tokoh juru masak terkenal, siapa saja target kita ? tentunya saja mereka yang suka memasak akan tertarik dengn iklan terbut. Jadi bisa kita tentukan dari contoh saus tadi target kita adalah para tukang masak.

Selalu persiapkan perencanaan bagi produk kita. Apalagi saat produk kita sudah dipasarkan dan akan bersaing dengan produk produk lainnya. Kita harus bisa bersaing dengan produk produk tersebut dengan cara seperti melakukan riset pasar. Melakukan riset pasar pun bukan lah hal mudah dan memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang lebih inovatif untuk mengunggulkan produk kita ini.

Unsur Managemen Harga

Sebuah bentuk awal yang sangat strategi dalam memulai persaingan harga adalah melalui perhitungan yang matang secara intelektual yang kemudian dibandingkan dengan pergitungan pesaing. Kita dapat memulai menentukan harga dari berbagai macam hal, mulai dari harga promosi, harga eceran, harga melalui agen/sales, dan masih banyak yang lainnya.

Ada berbagai cara strategi yang telah banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan besar seperti beli 3 gratis 1, membeli 10 bungkus kopi dapat gelas gratis, beli paket dengan harga murah dan masih sangat banyak strategi strategi jitu yang bisa kita jadikan contoh untuk produk kita.

Unsur Distribusi

Mendistribusikan produk merupakan bagian dari strategi pasar yang cukup menguras tenaga karna faktor efektifitas dan faktor efisiensinya. Ada salah satu pihak yang kita sebut dengan pihak kedua yaitu agen / reseller yang dapat meningkatkan penjualan produk kita ini. Distribusi harus dilakukan dengan hati hati agar produk yang kita pasarkan mendapat kepuasan oleh pihak konsumen.

Unsur Komunikasi dan Promosi

Unsur komunikasi menjadi hal yang patut untuk disusun dengan baik karna hal ini akan menjadi hubungan yang baik untuk mendapatkan informasi informasi melalui konsumen langsung. Dalam komunikasi ini melalui beberapa hal seperti hubungan relasi, penjualan langsung, pembentukkan media pendukung dan lain lain.

itulah strategi marketing bagi pemula yang mungkin layak untuk anda coba. Jangan pernah takut untuk memulai suatu usaha, karna kerja keras takkan menghianati kita. Terus melakukan usaha usaha demi mencapai tujuan kita adalah mimpi dikehidupan ini dan jangan lupa untuk tetep berdoa pada yang maha kuasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui strategi apa yang dibutuhkan untuk marketing pemula. Sekian dari tulisan kali ini, terimakasih.
Share on Google Plus

About Afif Ma'ruf Eska

Pelajar di SMK NEGERI 1 BANYUMAS, Jurusan TKJ, Tinggal di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. ingin memperdalam dunia blogging dengan menulis artikel artikel yang bermanfaat bagi para pembaca.