Rancangan Promosi Untuk Penjualan Produk

Secara singkat promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, memahaminya, lalu berubah sikap menyukai, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut.

Setiap manusia mempunyai karakteristik mental maupun fisik yang berbeda-beda. Oleh karna itu sangat diperlukan perencanaan yang matang agat sebuah promosi dapat berhasil seperti yang diingingkan, untuk tercapainya keinginan tersebut diperlukan keputusan-keputusan yang mendukung dan jelas sasaran dan tujuan yang ingin dicapai.


Beberapa rancangan untuk melakukan promosi produk antara lain :Ran

1. Periklanan (advertising)
Periklanan atau dalam bahasa luar sering disebuat ads dapat didefinisikan sebagai pesan untuk menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media masa. Iklan adalah unsur penting dalam promosi jika menginginkan keberhasilan.

Tujuan pembuatan iklan sebagai metode atau cara promosi menjual produk market tentunya adalah hal ideal karna dalam pembuatan iklan ini antara lain :
- Memperkenalkan produk pada konsumen
- Menciptakan kesadaran akan merek
- Membentuk citra merek
- Mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan

Jenis-jenis iklan yang dapat dibuat yaitu ada 2, “above-the-line” dan “below-the-lane”. Iklan adove-the-line, dalam iklan ini diharuskan untuk membayar kepada biro jasa iklan dalam pembuatannya seperti : media cetak dari koran majalah, media elektronik TV radio, media luar ruangan poster billboard spanduk dll. Untuk jenis yang kedua yaitu iklan below-the-line ini berkebalikan dari iklan adove karna dalam iklan below tidak perlu melakukan pembayaran karna memanfaatkan media media gratis seperti pameran, mengirim surat ke rumah rumah, dan lainnya.

Dalam merancang sebuah iklan ada 2 hal yang harus diperhatikan.
(DAYA TARIK) & (METODE PRESENTASI)

Daya tarik merupakan pernyataan deskriptif yang nantinya akan dimuat dalam iklan.

Sedangkan metode presentasi adalah suatu cara dalam memperkenalkan produk untuk menampilan fungsi produk, kemampuan produk, & keunggulan produk. 

2. Penjualan Personal
Personal selling adalah cara promosi dengan melakukan komunikasi langsung dengan bertatap muka pada konsumen untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen dengan menarik agar konsumen mau membeli produk.

Berbagai macam macam cara untuk melakukan personal selling contohnya kunjungan seller ke tempat pembeli langsung dirumah, diwarung warung dan lainnya.

Memberikan ilmu ilmu secara gratis kepada konsumen tentang cara pemakaian produk, manfaat yang akan dirsakan apabila telah menggunakan produk. Secara sukarela hal ini membuat konsumen lebih percaya kepada seller.

3. Sales promotion
Promosi penjual terdiri dari berbagai macam kegiatan promosi antara lain peragaan penjual, kontes, pemberian label, sampel, pemberian insenti dan lainnya.

Sales promotion dapat dibedakan ke dalam promosi yang diarahkan ke para konsumen, seperti contoh berupa sample, kupon, potongan harga, sayembara, dan demonstrasi, atau promosi yang diarahkan kepada para pedagang berupa diskon, kontes dealer, atau kepada para salesman.

Keuntungan dari melakukan promosi penjualan yaitu konsumen dapat mengetahui secara langsung tentang produk, baik harga, kegunaan, kualitas, tempat penjualan, dan sebagainya. Oleh karena itu, konsumen tidak perlu ragu ragu lagi pada produk yang ditawarkan.

Berdasarkan segi sosial, agar dapat mendorong pengembangan produk baru para pengusaha akan berusaha untuk dapat menciptakan produk produk baru yang lain. Sehingga mendorong masyarakat untuk lebih maju.

4. Publisitas 
Publisitas adalah usaha memacu permintaan secara non personal dan usaha ini tidak dibiayai oleh orang atau organisasi yang memetik manfaat dari publikasi

Perusahaan dan produknya dapat menjadi perhatian umum apabila diberitahukan di dalam media massa. Publisitas dapat memberikan 3 macam manfaat kepada produsen yaitu :

- Karena pemberitaan melalui media massa, oleh kebanyakan pembaca dipandang otentik dan obyektif, maka cenderung untuk lebih mempercayai berita dari pada iklan.
- Publisher daat mencapai banyak pembeli potensial yang selalu berusaha menghindari salesman dan periklanan. Hal ini disebabkan karena pesanan penjual sampai pada pembeli potensial sebagai berita dan bukan sebagai kounikasi.
- Publisitas, seperti halnya periklanan agar dapat mendramatisir suatu perusahaan atau produk.

Itulah rancangan promosi dalam strategi bisnis untuk melakukan penjualan, ada berbagai macam cara lagi namun hanya beberapa saja yang disebutkan dalam post kali ini. diharapkan dengan adanya tulisan ini dapat membuat pembaca lebih mengetahui cara atau metode promosi dalam melakukan penjualan agar lebih laku laris dan tentunya sukses selalu.

***
Salam Marketing

Share on Google Plus

About Afif Ma'ruf Eska

Pelajar di SMK NEGERI 1 BANYUMAS, Jurusan TKJ, Tinggal di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. ingin memperdalam dunia blogging dengan menulis artikel artikel yang bermanfaat bagi para pembaca.