Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Sekarang Modern


Mungkin posting ini bakal jadi yang dicari cari oleh kalian yang sedang mendapat tugas tentang perbedaan manusia purba dan manusia sekarang (modern). Manusia purba dan manusia modern memiliki perbedaan yang sangat jelas. Mulai dari perbedaan ciri cirinya, gaya hidupnya, kebudayaannya dan lain lain. Berikut perbedaan manusia purba dan manusia modern sekarang.




Ciri-Ciri Manusia Purba :

1. Tertutup , suka tinggal digua- gua, tidak menerima orang yang asing, kanibal ( Memangsa manusia atau sesama ). Manusia purba memiliki pribadi yang tertutup karena rendahnya intelektual mereka, bahkan mereka tidak suka berkomunikasi secara verbal, bahasa mereka lebih cenderung ke bahasa emosi, sangat mudah tersinggung, sensitif, sedikit mirip dengan hewan.

2. Emosional : Karena kurang menerima dunia luar maka manusia purba lebih mudah marah , sangat egois dan suka memfonis berdasarkan kondisi moodnya.

3. Bukan pemikir tapi lebih suka menghabiskan waktu bersenang- senang dihutan dan bersama koloninya.

4. Membangun kekuatan sosial dari koloni, mirip srigala, dan koloni merekalah yang menjadi basis kekuatan.

5. Anti Dialog atau tidak suka berdiskusi.

6. Ganas atau suka menghakimi karena mereka hidup tanpa aturan.

7. Suka membenci

Ciri-Ciri Manusia Modern atau Sekarang :

1. Berpikir terbuka,

2. Dialogis,

3. Mudah bersahabat,

4. kreatif,

5. berpikir positif,

6. konstruktif dalam berpikir,

7. Bertanggung jawab,

8. mudah diajak kerja sama,

9. Bisa menahan marah.



Perbedaan Menurut Fisik :

Dijaman manusia purba, fisik mereka sangat kuat karena mereka bekerja keras dengan apapun yang ada di masa mereka. Tubuh manusia purba lebih mirip seperti manusia kera karna badannya membungkuk. mulai dari batu untuk membuat api, dan jerami-jerami untuk berteduh (tidur), dan untuk jaman modern bentuk tubuh manusia lebih tegak juga cenderung sudah bukan gubuk atau jerami melainkan rumah, untuk tempat berteduh


Perbedaan Menurut Budaya :

Manusia purba tidak memiliki banyak budaya, budaya mereka cenderung seperti hidup mengelompok satu dengan yang lain sesama spesies, dan kemungkinan keagaaman nya pun di jaman purba berbeda dibanding dengan jaman modern karena jaman dulu lebih banyak mitos-mitos. Dari segi berpakain mereka hanya menggunakan jemai-jeramai dari padi sperti itu untuk modern sudah lebih tau agama mereka masing-masing

Berdasarkan Cara Mengasuh Anak :

Pasangan zaman purba jauh lebih ahli dalam mangasuh anak dari pada pasangan zaman sekarang, menurut psikolog. Pasangan purba lebih mengerti bayinya dari pasangan modern. Profesor Darcia Narvaez yang berasal dari University of Notre Dame di Indiana mengatakan pasangan modern biasa meninggalkan bayi mereka menangis, meninggalkannya di keranjang bayi dan tempat duduk mobil untuk waktu yang lama tanpa membiarkan mereka bebas menjelajah.

Berbeda dengan manusia purba, mereka memeluk dan membawa serta bayi mereka kemanapun mereka pergi. Mereka juga sering menghabiskan banyak waktu di luar ruangan bersama bayinya, selain itu mereka menyusui bayi mereka selama beberapa tahun bukan hitungan bulan.
Tidak seperti keluarga modern, komunitas purba mengandalkan keluarga mereka untuk menjaga bayinya. Narvaez mengatakan, “orang selain ayah dan ibu yang menyayangi bayi mereka boleh menjaganya.”


Berdasarkan Cara Bertahan Hidup :

Antara manusia purba dan manusia kini yaitu di masa dulu dan masa sekarang manusia sama-sama bertahan hidup...klo manusia purba bertahan hidup nya dengan cara berburu dan meramu klo manusia kini bertahan hidup nya dengan cara yang lebih beradab yaitu dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder.

Share on Google Plus

About Afif Ma'ruf Eska

Pelajar di SMK NEGERI 1 BANYUMAS, Jurusan TKJ, Tinggal di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. ingin memperdalam dunia blogging dengan menulis artikel artikel yang bermanfaat bagi para pembaca.

2 comments

Bermanfaat sekali! Terimakasih 😄👍👍👍