Konsep Pemasaran Untuk Memenuhi Keinginan Konsumen

Konsep atau sebuah reoresentasi intelektual yang abstrak dari situasi, objek ataupun peristiwa, dari suatu akal pikiran menjadi ide atau gambaran yang lebih jelas. pengertian dari Konsep pemasaran adalah sebuah filosofi untuk menganalisa kebutuhan, keinginan atau permintaan produksi oleh konsumen yang kemudian akan dibuat sebuah keputusan untuk memenuhi permintaan konsumen tersebut dengan cara yang lebih baik dibangingkan pemasar lain.



Tak bisa dipungkiri lagi bahwa konsep pemasaran sendiri bisa menjadi kunci utama dalam hal strategi pemasaran suatu barang produksi. Ada tiga hal umum untuk mendapatkan maksimal dari konsep pemasaran yaitu :

1. Apa yang dibutuhkan konsumen ?

2. Apakah sebuah perusahaan dapat membuat kualitas produk yang bagus dan dapat terjangkau oleh konsumen ?

3. Bagaimana cara sebuah perusahaan untuk membuat konsumennya merasa nyaman dan tetap memilik produknya ?

Untuk konsep dari pemarasan itu sendiri pun terdiri dari banyak hal :

1. Konsep pemasaran Sosial
Yaitu dalam konsep pemasaran sosial sebuah perusahaan harus menentukan kebutuhan apa saja yang diinginkan oleh pasar dan tentunya harus tetap memberikan kepuasan bagi masyarakat atau konsumen

2. Konsep Pemasaran Global
Yaitu upaya untuk memahami segala faktor faktor penting dalam lingkungan pemasaran bertujuan untuk mempengaruhi pemasaran melalui manajemen yang strategis. Yang tentunya tujuan akhirnya adalah untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen.

3. Konsep Produk
Masyarakat akan lebih banyak menyukai produk yang memiliki kualitas, mutu, dan karakter produk terbaik. Membuat produk berkualitas tinggi dan penampilan produk yang menarik menjadi kunci dalam konsep produk ini.

4. Konsep Penjualan
Yaitu memfokuskan pada penjualan. dengan konsep penjualan ini perusahaan lebih mengedepankan produk terlebih dahulu dengan sebaik baiknya, baru nantinya akan dipikirkan bagaimana cara penjualannya. Yang perlu diperhatikan dalam konsep penjualan adalah (1) konsumen normal cederung tiidak membeli produk yang tidak penting (2) konsumen dapat didorong untuk membeli lebih banyak produk dengan usaha usaha promosi (3) perusahaan harus bisa berrientasi dalam kunci konsep penjualan untuk menarik dan juga mempertahankan kepercayaan pelanggan.

5. Konsep Produksi
Yaitu berpandepat bahwa konsumen akan menyukai produk yang terjangkau dengan harga yang murah dan juga tersedia dimana mana. Pada konsep produksi ini perusahaan  berorientasi untuk mengerahkan segenap upaya untuk mencapai  efisiensi produk yang tinggi dan penditribusian produk yang luas.

6. Konsep Pemasaran
Yaitu untuk mencapai tujuan perusahaan adalah dengan penentuan kebutuhan dan keinginan sasaran pasar dan juga memberikan kepuasan yang diharap lebih efektif dan efisien melawan para pesaing. Pada konsep pemasaran dilakukan secara terpadu, perencanaan dan pengoperasiannya berorientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen.

Semua konsep diatas sama sama memiliki satu tujuan yaitu untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Enam konsep diatas adalah dengan cara mengedepankan apa yang diinginkan oleh pasar, setelah itu baru kita memproduksi produk tersebut.

Setelah kita mengetahui tentang konsep pemasaran, tak bisa dipungkiri,  bahwa di era modern dan komunikasi yang semakin cepat ini, persaingan antar para pemasar semakin ketat. Dan saat ini hanya beberapa perusahaan saja yang masih bertahan atas kesuksesan mereka mendapatkan kredibilitas dari segi kualitas kapabilitas atau kekuatan untuk mendapat kepercayaan konsumen.





Share on Google Plus

About Afif Ma'ruf Eska

Pelajar di SMK NEGERI 1 BANYUMAS, Jurusan TKJ, Tinggal di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. ingin memperdalam dunia blogging dengan menulis artikel artikel yang bermanfaat bagi para pembaca.