Perilaku Konsumen dan Proses Keputusan Pembelian


Perilaku konsumen
Perilaku konsumen merupakan studi tentang sebuah proses pengambilan keputusan dari konsumen dalam membeli, memilih, memakai, serta memanfaatkan produk atau jasa, gagasan, serta pengalaman dalam rangka untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan para konsumen.

gambar;macam perilaku konsumen

Model perilaku konsumen
Keputusan dalam pembelian produk atau jasa dilakukan oleh konsumen/pembeli setiap hari. Keputusan untuk melakukan kegiatan pembelian oleh konsumen yang berkaitan dengan pertanyaan berikut ini : apakah yang dibeli oleh konsumen, dimanakah konsumen membelinya, kapan pembelian itu dilakukan, mengapa para konsumen membelinya, bagaimanakah pembelian dilakukan, dan berapakah banyaknya produk yang dibeli oleh para konsumen.

Hal-hal yang penting untuk diketahui seorang pemasar/seller adalah bagaimana agar para konsumen atau pembeli merespon terhadap upaya dalam pemasaran yang digunakan oleh perusahaan. Perusahaan yang mengerti dengan betul bagaimana konsumen akan menanggapi sosok produk, harga produk, dan rangsangan periklanan yang akan memiliki keunggulan dari pesaing. Sebagai titik awal yaitu rangsangan tanggapan konsumen sebagaimana bisa terlihat pada gambar berikut ini :


Gambar : Model perilaku konsumen


Gambar di atas telah memperlihatkan rangsangan atau stimulus pemasaran yang masuk ke pikiran ( memori ) konsumen dan menghasilkan sebuah tanggapan-tanggapan tertentu. Pemasar atau seller harus bisa mempertimbangkan tentang apa yang ada di dalam pikiran ( memori ) konsumen.
Rangsangan atau stimulus pemasaran terdiri dari unsur 4P, yaitu :
  1. Product ( produk )
  2. Price ( harga )
  3. Promotion ( promosi )
  4. Place  ( tempat )

Rangsangan atau stimulus lain yang tergolong dalam kekuatan dan kejadian penting adalah lingkungan pembeli/konsumen, seperti :
  1. Ekonomi
  2. Politik
  3. Budaya
  4. Teknologi

Semua masukan ini tergolong masuk ke kotak hitam pembeli, dimana semua dapat berubah menjadi tanggapan konsumen yang terlihat pada :
  1. Saat pembelian
  2. Banyaknya pembelian
  3. Pilihan produk
  4. Pilihan merk/brand

Pemasar atau seller ingin mengetahui bagaimana rangsangan / stimulus diubah menjadi tanggapan atau respon didalam pikiran ( memori ) konsumen, yang terdiri dari dua bagian yaitu :
  1. Pertama, ciri konsumen yang menyebabkan konsumen menerima, menerapkan, dan bereaksi terhadap rangsangan atau stimulus.
  2. Kedua, suatu proses keputusan yang mempengaruhi konsumen.


Penentuan perilaku konsumen
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Faktor sosial
  2. Faktor budaya
  3. Faktor psikologi
  4. Faktor personal

Seorang pemasar atau seller tidak dapat mempengaruhi faktor-faktor tersebut, namun mengharuskan mereka untuk memperhitungkan :


Gambar : faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen


Proses Keputusan pembelian

Proses Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan dari seorang konsumen untuk membeli ataupun tidak membeli terhadap produk. Dari berbagai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi seorang konsumen dalam melakukan suatu pembelian terhadap produk atau jasa, yang biasanya konsumen selalu saja mempertimbangkan harga produk, kualitas produk, dan produk yang sudah dikenal oleh masyarakat umum.

Pengertian yang lain tentang keputusan pembelian menurut Schiffman dan Kanuk, keputusan pembelian yaitu suatu keputusan seseorang dimana ia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang ada.

Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh seorang konsumen untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk atau jasa.   Oleh sebab itu, pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen merupakan proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif dalam penyelesaian masalah dengan tindak lanjut yang real atau nyata. Kemudian konsumen dapat melakukan evaluasi pilihan dan setelah itu dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya.

Peranan konsumen dalam keputusan pembelian Ada 5 (lima) peran individu dalam sebuah keputusan membeli, yaitu :
  1. Initiator ( pengambilan inisiatif )
    Seorang individu yang mempunyai inisiatif pembelian suatu barang tertentu dan yang mempunyai kebutuhan atau keinginan akan tetapi tidak mempunyai wewenang untuk melakukan sendiri.
  2. Influencer ( Orang yang mempengaruhi )
    Seorang individu yang dapat mempengaruhi sebuah keputusan untuk membeli baik dengan sengaja maupun tidak dengan sengaja.
  3. Decider ( pembuat keputusan )
    Seorang individu yang memutuskan apakah akan membeli atau tidak membeli, apa yang akan dibelinya, bagaimana membelinya, kapanpun dan dimanapun membelinya.
  4. Buyer ( pembeli )
    Seorang individu yang dapat melakukan pembelian yang sebenarnya.
  5. User ( pemakai )
    Seorang individu yang memakai atau menikmati produk atau jasa yang dibeli.

Perusahaan perlu mengenali lima peran tersebut karena semua peranan mengandung implikasi guna untuk merancang sebuah produk, menentukan pesan dan mengalokasikan anggaran biaya promosi serta membuat program kegiatan pemasaran yang sesuai dengan konsumen atau pembeli.

***
Itu lah sekian dari postingan tentang perilaku Konsumen dan proses keputusan pembelian dalam marketing mulai dari pengertian dan juga faktor faktornya secara jelas. silahkan bila ada yang ingin ditanyakan atau menambahkan seperti biasa tulis saja di kolom komentar untuk pertanyaan yang diajukan sebisa mungkin akan selalu dibalas oleh admin dan untuk yang menambahkan saya selaku penulis sangat berterimakasih.
Penulis : Ela Novita
Share on Google Plus

About Afif Ma'ruf Eska

Pelajar di SMK NEGERI 1 BANYUMAS, Jurusan TKJ, Tinggal di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. ingin memperdalam dunia blogging dengan menulis artikel artikel yang bermanfaat bagi para pembaca.