Dasar Perencanaan Pemasaran dan Penjualan Lengkap

Pemasaran dan Penjualan


Bagaimanakah pendapat dan pandangan anda tentang penjualan dan pemasaran ? sebagai awalan, perhatikanlah gambar dibawah. setelah anda perhatikan tentu anda akan bisa memperoleh sedikit gambaran tentang penjualan dan pemasaran.


Tujuan dari pemasaran :
  1. Calon pembeli mengetahui secara detail atau lengkap tentang produk yang kita hasilkan dan tentunya kita harus bisa untuk menyediakan produk yang sesuai permintaan pembeli.
  2. Dapat menjelaskan setiap kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. mulai dari menjelaskan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi dengan pembeli (konsumen) dan sampai dengan pengiriman produk.
  3. mengenal dan juga memahami setiap konsumen sehingga produk yang kita jual nanti cocok dengan pembeli/konsumen.

Tujuan dari penjualan :
  1. Untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk yang produsennya dengan baik.
  2. Menunjang pertumbuhan sebuah perusahaan.
  3. Untuk mencapai suatu capaian atau dalam volume atau jumlah penjualan tertentu.

Kebanyakan orang berpandangan bahwa pemasaran dan penjualan adalah sama, mereka berpendapat bahwa pemasaran dan penjualan hanyam memiliki arti untuk jualan produk saja. Kedua istilah tersebut sebenarnya memiliki makna yang berbeda antar pemasaran dan penjualan sendiri.

Pengertian Pemasaran dan Penjualan
Pemasaran adalah seluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan sebuah produk, menentukan harga, mempromosikan atau menyebarluaskan produk dan mendistribusikan produk yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan penjualan merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang hanya ditujukan untuk menjual produk  saja, dan juga untuk meningkatkan penjualan produk agar lebih tinggi.


Ujung tombak dari kegiatan pemasaran adalah penjualan, namun bukan berarti pemasaran (marketing) sama dengan penjelasan dari penjualan (sales)

Perbedaan Pemasaran dengan Penjualan

Dari pengertian yang ada, sudah jelas bahwa proses pemasaran sendiri lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan pada proses penjualan. Dalam strategi pemasaran sendiri terdapat beberapa unsur seperti 4P dan ada juga yang menambahkan sampai 7P, yaitu seperti :
  1. Product (produk)
  2. Price (harga)
  3. Place (tempat)
  4. Promotion (promosi)
  5. Process (proses)
  6. People (sumber daya manusia)
  7. Physical Evidence (fisik dari produk)
Sedangkan pada penjualan sendiri hanya menjadi memiliki salah satu bagian saja yaitu promotion (promosi), sehingga tidak perlu memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang pemasaran.


Gambar : Marketing memerlukan atau membutuhkan penjualan (selling) agar bisa sukses

Hubungan penjual dengan konsumen hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu penjual tidak bertanggung jawab lagi menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sedangkan hubungan penjual (marketer) dengan pembeli harus tetap terjaga dari mulai awal sebelum transaksi sampe setelah terjadi sebuah transaksi hal ini untuk menjaga loyalitas atau kesetiaan pelanggan pada penjual.


Sebuah penjualan tidak akan tercipta dengan baik jika tidak didukung dengan sebuah strategi pemasaran yang benar. Setiap perusahaan harus bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan mempu merancang strategi pemasaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya atau pembelinya.

Perbedaan Penjualan dengan Pemasaran melalui peninjauan

  1. Penekanan
    Penjualan : menekankan pada produk, kebutuhan penjual
    Pemasaran : menekankan pada keinginan pelanggan
  2. Orientasi
    Penjualan : Volume Penjualan, hasil jangka pendek
    Pemasaran : Laba usaha dan kepuasan pelanggan, hasil jangka panjang
  3. Aktivitas
    Penjualan : Fokus menjual produk
    Pemasaran : Keseluruhan system 4P untuk memuaskan konsumen
  4. Strategi
    Penjualan : Menawarkan kepada pasar dan menarik konsumen agar membeli produk
    Pemasaran : Selalu menjaga brand image
  5. Hubungan dengan Konsumen
    Penjualan : hanya sampai proses transaksi jual beli
    Pemasaran : Tetap terjaga sampai setelah transaksi selesai untuk menjaga kesetiaan (loyalitas)

***
itu lah tadi dari dasar rencana pemasaran dan penjualan dalam sebuah produk usaha mulai dari pengertian, tujuan, gambaran dan juga perbedaannya. silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan. Terimakasih.

Share on Google Plus

About Afif Ma'ruf Eska

Pelajar di SMK NEGERI 1 BANYUMAS, Jurusan TKJ, Tinggal di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. ingin memperdalam dunia blogging dengan menulis artikel artikel yang bermanfaat bagi para pembaca.